Pendidikan, teknologi, ekonomi, bisnis, dan perdagangan

Wednesday, May 21, 2014

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Ramuan Daun Asam Jawa

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Ramuan Daun Asam Jawa - Pengobatan tradisional sangat marak dilakukan. Pengobatan tradisional dilakukan tidak lepas dari ramuan obat-obatan alami atau herbal. Salah satu bahan ramuan herbal tersebut adalah daun asam jawa. Daun asam jawa ternyata dapat digunakan sebagai penurun kolesterol.

Cara membuat ramuan herbal penurun kolesterol adalah sebagai berikut:
  1. haluskan 150-200 daun asam jawa
  2. kemudian dicampur dengan 1 gelas air panas (200ml)
  3. kemudian diremas, diperas, dan disaring
  4. kemudian diminum
  5. aturan pakainya 3 kali sehari, berarti setiap kali minum harus membuat ramuan seperti di atas
  6. catatan, ramuan tadi untuk satu kali minum saja
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Ramuan Daun Asam Jawa

Selain untuk penurun kolesterol, daun asam jawa juga memiliki banyak kegunaan. Kegunaan lain dari daun asam jawa adalah:
  1. Untuk menurunkan demam/panas, siapkan 2 polong asam jawa yang telah masak dan garam dapur secukupnya, kemudian seduhlah dengan air panas, kemudian disaring dan diminum. Awas, resep ini tidak boleh untuk ibu yang sedang hamil.
  2. Mengobati reumatik dengan daun asam jawa. Resepnya adalah 1 genggam daun asam jawa dan 3 biji buah asam jawa, kemudian haluskan kedua bahan tersebut. Cara pengobatannya adalah dengan membalutkan ramuan tersebut pada bagian yang terasa sakit.
  3. Untuk mengobati luka, daun asam jawa, dikunyah, lalu ditempelkan pada bagian yang luka. Kunyahan daun asam jawa tersebut dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka.
  4. Untuk mengobati luka yang telah lama, gunakan biji asam jawa yang telah dihaluskan, kemudian tempelkan pada bagian luka, kemudian dibalut dengan kain bersih atau perban.
  5. Untuk mengobati sariawan, dibutuhkan 2 polong buah asam jawa, 2 ibu jari temulawak, dan gula kelapa atau gula jawa. Semua bahan tersebut, kemudian direbus hingga mendidih dan tersisa 1 gelas, kemudian disaring, dan terakhir, diminum.

No comments:

Post a Comment