Pendidikan, teknologi, ekonomi, bisnis, dan perdagangan

Friday, October 31, 2014

Sebutkan Syarat Syarat yang Harus Dipenuhi oleh Satuan yang Baik!

Sebutkan Syarat Syarat yang Harus Dipenuhi oleh Satuan yang Baik! - Pada jaman dulu manusia biasanya dalam mengukur sesuatu menggunakan jengkal, hasta, depa, dan langkah. Ternyata hasil pengukuran yang dilakukan menghasilkan data berbeda-beda yang berakibat menyulitkan dalam pengukuran, karena jengkal orang satu dengan lainnya tidak sama.

Oleh karena itu, harus ditentukan dan ditetapkan satuan yang dapat berlaku secara umum. Usaha para ilmuwan melalui berbagai pertemuan membuahkan hasil sistem satuan yang berlaku di negara manapun dengan pertimbangan satuan yang baik harus memiliki syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Satuan selalu tetap, artinya tidak mengalami perubahan karena pengaruh apapun, misalnya suhu, tekanan dan kelembaban.
  2. Bersifat internasional, artinya dapat dipakai di seluruh negara.
  3. Mudah ditiru bagi setiap orang yang akan menggunakannya.
Pada tahun 1960 diresmikan satu sistem satuan yang dapat dipakai di seluruh negara (Internasional). Sistem ini disebut Sistem Internasional (SI).

Satuan-satuan SI yang mempunyai syarat-syarat tersebut ditentukan dari sistem MKS (Meter sebagai satuan besaran panjang, Kilogram sebagai satuan besaran massa, Sekon sebagai satuan besaran waktu).
  • Standar untuk Satuan Pokok Panjang dalam SI adalah meter
  • Standar untuk Satuan Pokok Massadalam SI adalah kilogram (kg)
  • Standar untuk Satuan Pokok Waktudalam SI adalah sekon (s)

No comments:

Post a Comment