Pendidikan, teknologi, ekonomi, bisnis, dan perdagangan

Friday, October 31, 2014

Jelaskan Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan!

Jelaskan Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan! - Besaran dalam ilmu fisika dikelompokkan menjadi 2, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dahulu. Besaran Turunan adalah besaran yang satuannya diperoleh dari besaran pokok.

Besaran yang dapat diukur dan memiliki satuan disebut besaran fisika. Misalnya panjang, massa, waktu, suhu dan lain-lain.
Sedangkan besaran yang tidak dapat diukur dan tidak memiliki satuan, merupakan sesuatu yang tidak termasuk besaran fisika. Contoh yang tidak termasuk besaran fisika adalah sedih, senang, kesetiaan, dan lain-lain.
Berdasarkan hasil konferensi umum tentang berat dan ukuran ke-14 tahun 1971 satuan dalam SI ditetapkan sebagai satuan besaran pokok berikut ini:
Jelaskan Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan!

Meter, kilogram, sekon, ampere, kelvin, mole dan kandela disebut satuan pokok.

Di dalam kamar mandi sekolah terdapat bak air yang berbentuk kubus, bagaimana kita menentukan volume bak air tersebut? Besaran dan satuan apakah yang digunakan?

Dari pertanyaan di atas tentu kita dapat menjawabnya yaitu dengan mengalikan panjang sisi-sisinya. Jika dalam pengukuran kita menggunakan meter sebagai satuan panjang maka satuan besaran volume adalah meter x meter x meter (m3 ).
Jelaskan Pengertian Besaran Pokok dan Besaran Turunan!

Volume termasuk besaran turunan dan m3 merupakan satuan turunan. Contoh besaran turunan antara lain volume, luas, kecepatan, gaya, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment