Pendidikan, teknologi, ekonomi, bisnis, dan perdagangan

Tuesday, June 10, 2014

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk Ekspor ke Jepang

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk Ekspor ke Jepang - Ada kita khusu agar barang bisa diekspor ke negara Jepang mengingat persaingan ekspor ke Jepang ini sangat ketat. Para pesaing Indonesia seperti China, Vietnam, Thailand, Malaysia dan beberapa negara lainnya aktif mempromosikan produk-produknya dengan mengirim langsung catalog dan contoh produk kepada para importer di Jepang, di samping itu mereka aktif pula mengikuti pameran-pameran dagang di Jepang.

Kelemahan pengusaha Indonesia adalah bahwa cara seperti di atas bagi pengusaha Indonesia belum banyak dilakukan untuk menembus pasar ekspor Jepang.

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk Ekspor ke Jepang

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pengusaha Indonesia berkaitan dengan kegiatan promosi produk ekspor ke Jepang, yaitu sebagai berikut:
  1. Para pengusaha Indonesia khususnya pengusaha UKM atau usaha kecil menengah agar menghubungi BPEN Depperindag dan Kantor Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di daerah. Beberapa kegiatan pameran di luar negeri bisanya mendapatkan subsidi dari dana daerah walaupun tidak besar namun dapat meringankan beban pengusaha di sektor UKM atau usaha kecil menengah.
  2. Para pengusaha Indonesia harus berani mengeluarkan biaya untuk membuat sekaligus mengirim katalog dan contoh produk kepada para importer terkait di Jepang. Informasi mengenai para importer dan informasi yang diperlukan lainnya dapat menghubungi KBRI Tokyo cq. Bidang Perindustrian dan Perdagangan.
  3. Akan lebih efektif apabila leaflet atau katalog dengan penampilan yang menarik dibuat dalam bahasa Jepang. Untuk membuat katalog dalam bahasa Jepang, saat ini relatif mudah di sejumlah percetakan di Indonesia.

No comments:

Post a Comment