Pendidikan, teknologi, ekonomi, bisnis, dan perdagangan

Monday, June 9, 2014

Mengapa Jepang Menjadi Incaran Negara Pengekspor di Dunia

Mengapa Jepang Menjadi Incaran Negara Pengekspor di Dunia - Salah satu upaya meningkatkan devisa negara adalah dengan melakukan perdagangan luar negeri, yaitu ekspor. Untuk memaksimalkan ekspor, suatu negara harus mengetahui negara mana saja yang memiliki potensi ekspor yang besar.

Sebagai negara pengekspor, Indonesia juga melakukan hal yang sama dalam perdagangan, yaitu melakukan ekspor barang. Negara yang diincar oleh Indonesia salah satunya adalah Jepang. Mengapa Indonesia memilih Jepang sebagai salah satu tujuan ekspor yang potensial? Sama seperti negara lain, alasannya adalah Jepang merupakan pasar dunia yang besar dan potensial.

Mengapa Jepang Menjadi Incaran Negara Pengekspor di Dunia?

Mengapa Jepang Menjadi Incaran Negara Pengekspor di Dunia

Sebagaimana telah banyak diketahui, pasar Jepang merupakan pasar yang besar dan sangat potensial untuk pengembangan komoditi ekspor Indonesia. Jepang merupakan negara yang menjadi incaran para begara pengekspor karena beberapa alasan berikut ini:
  1. Jepang memiliki jumlah penduduk yang lebih dari 126 juta jiwa
  2. Pendapatan per kapita Jepang tinggi, yaitu lebih dari US$ 37,000.00
  3. Adanya 4 musim, di mana pada setiap musimnya memerlukan produk yang spesifik
3 alasan di atas menjadikan Jepang sebagai incaran banyak negara pengekspor di dunia termasuk Indonesia. Namun mengingat karakteristik konsumen yang sangat ekslusif dan demanding, para eksportir harus mampu menyesuaikan produknya dengan selera mereka disamping memenuhi aturan-aturan pemerintah Jepang yang sangat melindungi kesehatan dan keselamatan warga dan lingkungannya.

No comments:

Post a Comment